Nih Teknik Pemula Budidaya Rumput Bahari Di Tambak

Rumput bahari sering juga disebut dengan seagrass. benarkah itu? silahkan baca baca di google. Karena kali ini saya tidak akan membahas mengenai hal itu. Saya ingin sedikit membuatkan mengenai teknik pemula yang ingin berguru budidaya rumput bahari di tambak. Sebenarnya budidaya rumput bahari dapat dilakukan di 2 tempat yaitu bahari dan tambak. Nah kali ini sebab anda pemula lebih baik di tambak biar resikonya tidak terlalu tinggi. Cara-cara ini ampuh sebab banyak dipakai oleh pengusaha sukses di aneka macam wilayah. Mungkin akan sedikit banyak tulisannya, namun kalau anda niat niscaya ini akan menjadi rujukan yang baik.

Hal pertama yang perlu dilakukan yaitu merencanakan segala seuatunya. Mulai dari pembenihan, pemeliharaan dan pemanenan.

Penentuan lokasi tanam, yaitu hal penting dalam perkembangan rumput laut.
Bibit rumput laut, ini sangat penting mengingat jarak antara pengambilan bibit dan jenis bibit itu sendiri yang laris di pasaran.
Musim bertanam, sangat diperhatikan biar jangan hingga ketika mau panen rumput bahari anda menjadi rusak / gagal panen
Pemeliharaan rutin, ini juga harus diperhatikan. Jangan hingga jamur melekat di permukaan kulit rumput bahari dan menciptakan gagal panen.

Penentuan Lokasi Budidaya

A. Tata Ruang Pemerintahan
Penentuan lokasi dengan pengujian kualitas air dilihat dari fisik, kandungan kimia dan materi tanah di lokasi tersebut.  Menentukan lokasi tanam harus sesuai dengan zonasi yang diberlakukan oleh pemerintahan. Jangan hingga anda melaksanakan budidaya rumput bahari pada tempat pariwisatawa / zona inti, bisa-bisa rumput bahari anda hancur semua. Hal ini dapat diketahui di kelurahan desa setempat yang mempunyai lahan tersebut, jangan hingga terhadi konflik kerena penanaman yang sepihak.

B. Kualitas Perairan
Lokasi budidaya haruslah layak untuk bertanam, kondisi kualitas perairan sangat memilih pertumbuhan rumput bahari yang baik. Lokasi yang baik berada di tempat pasang surut supaya pergantian air lancar. Dasar tambak harus pasir berlumpur dan akrab dengan sumber air tawar biar gampang untuk menurunkan tingkat salinitas (kada garam) yang ada di tambak tersebut. Tingkat kejernihannya 0,5 meter yang jauh dari limbah industri. Memiliki kadar garam 15-30 ppt, suhu perairan sekitar 20-28 celsius, PH 6-9.

C. Aksesbilitas
Lokasi yang dipilih harus gampang untuk ditinjau guna pemeliharaan dan penjagaan rumput laut. Jika lokasinya jauh, sebisa mungkin gunakan teknik bergantian dengan team anda guna kelancaran hasil panen. Lokasi lahan budidaya harus mempunyai sarana dan prasaranan yang memadai untuk pembibitan dan panen. diusahakan akrab dengan lokasi pengambilan bibit. Jika terlau jauh tidak problem asalkan metode pengangkutan bibitnya benar.

Persiapan tambak

Persiapan tambak harus dilakukan, biar penanaman benar-benar siap tidak ada yang kurang ini dan itunya.
- Setiap petakan dalam tambah diberikan sirkulasi air masuk dan keluar menyerupai pada kolam ikan pada umumnya. Ini bertujuan untuk menciptakan kualitas perairan disana menjadi baik guna pertumbuhan rumput laut. Solusi kalau tidak ada pasang surut yang baik disana yaitu gunakanl;ah pompa untuk sirkulasi air.
- Tambak harus dikeringkan terlebih dahulu sekitar 1 ahad / secukupnya hingga tanah substrat kelihatan retak-retak.
- Buat lubang untuk sirkulasi air dalam tambak biar kuaalitas tetap terjaga guna pertumbuhan rumput laut

Penanman Bibit Rumput Laut

  1. Penanaman dilakukan dengan cara ditebar merata dalam tambak
  2. lakukan pengecekan rutin paling tidak 2 hari sekali guna mengantisipasi posisi bibit rumput bahari yang saling menyilang
  3. Tetap diperhatikan jangan hingga bibit tersebut kering dikala melaksanakan menanaman

Pemeliharaan Rumput Laut

  • Pada dasarnya yang terpenting yaitu media, kita harus selalu mengecek setiap dikala guna mastikan media baik tanah, air, dan posisi tetap berjalan dengan baik
  • Kebersihan rumput lut juga merupakan hal penting untuk perkembangan. Makara selalu segarkan dengan cara menyikat rumput bahari tersebut secara rutin ketika mulai timbul bibit-bibit kotoran di kulit rumput bahari tersebut

Proses Panan Yang Baik

  1. Hati-hati dlam memanen, gunakanlah teknik yang benar dlam memanen
  2. Pakailah tangan kosong untuk mengmbil hasil panenan tersebut
  3. Gunakan wadah / keranjang yang higienis untuk meletakan rumput laut
  4. Usahakan jangan terlalu ditekuk sebab akan menimbulkan patah
Selamat mencoba
Next Budidaya: Cara Ampuh Budidaya Kepiting Bakau Bagi Pensiunan

Belum ada Komentar untuk "Nih Teknik Pemula Budidaya Rumput Bahari Di Tambak"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel