Nih Seluk Beluk Nudibranchia Atau Kelinci Laut

Nudibranchia ini merupakan binatang lunak yang tidak mempunyai cangkang. Bentuknya sangat indah dan lucu serta mempunyai warna yang sangat cantik. Nudibranchia sering disebut sebagai kelinci laut. Sebenarnya nama tersebut diambil dari bahasalatin Nodus (telanjang) dan bahasa Yunani Brankhia (insang).

 Nudibranchia ini merupakan binatang lunak yang tidak mempunyai cangkang Nih Seluk Beluk Nudibranchia atau Kelinci Laut

Kehebatan kelinci maritim / sea rabbit ini yaitu mempunyai tentakel dikepalanya yang berfunggsi sebagai indra perasa, sentuhan, dan bau. Maka dari itu kelinci maritim ini sangat peka oleh bau. Nudibranchia ini bersifat karnivora, ada yang memakan spong, plankton, dan sebagian dapat kanibal.

Kelinci maritim ini sangat bervariasi warnanya secara kasat mata sangat terlihat cantik. Sebenarnya ini ialah cara pinjaman diri mereka dari predator. Cara ini sangat ampuh untuk berkamuflase atau dapat juga menunjukkan warna yang cerah tampaknya ia beracun biar kondusif dari serangan predator.

Pertumbuhannya dapat dikatakan baik untuk ketika ini, sebab jarang nelayan yang menangkapnya sebab tidak terlalu bagus untuk jual beli. Pertumbuhannya banyak di perairan Indonesia, ketika penyelaman di Karimunjawa aku sering kali menjumpai kelinci maritim ini dengan warna putih, merah, hitam kombinasi antara ketiganya.

Keterangan Lain:
- Hewan ini biasanya mempunyai ukuran yang kecul sekitar 5-10 cm
- Spesiesnya hingga menembus angka 3000 jenis
- Kelinci maritim ini ialah binatang hermafrodit
- Termasuk dalam mollusca
- Biasanya hidup tak lebih dari 1 tahun
Next: Tentang Nautilus

Belum ada Komentar untuk "Nih Seluk Beluk Nudibranchia Atau Kelinci Laut"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel