Nih Identifikasi Terumbu Karang Acropora Branchi

Latar Belakang
Karang dengan nama spesies Acropora branchi ini pertama dipublikasikan oleh Riegl pada tahun 1995. Karena berjulukan acropora jadi karang / coral ini mempunyai ciri utama ialah bercabang serta mempunyai aksial dan radial koralit.


Bentuk Pertumbuhan dan Aksial-Radial Karang

Acropora branchi memiliki bentuk pertumbuhan menyerupai meja dengan dasar percabangan menyatu sampai rapat. Pertumbuhan koloninya menyerupai piring padat, terkadang spesies A. branchi mempunyai koralit aksial gres diatas pertumbuhan koloni yang padat. Selain itu ada juga spesies A. branchi ini yang mempunyai cabang pendek tegak dengan kerapatan atau spasi yang cukup jauh.

Terkadang aksial koralit juga tidak terlalu terlihat terang dengan radial koralit, agak sulit dibedakan pada beberpa pertumbuhan karang tertentu. Radial koralit mempunyai dinding yang agak tebal.

Warna Acropora Branchi

Karang spesies ini kebanyakan mempunyai warna coklat atau hijau dengan garis di sekitar ujung piringan lebih terang / putih pucat.

 ini pertama dipublikasikan oleh Riegl pada tahun  Nih Identifikasi Terumbu Karang Acropora Branchi  ini pertama dipublikasikan oleh Riegl pada tahun  Nih Identifikasi Terumbu Karang Acropora Branchi

 ini pertama dipublikasikan oleh Riegl pada tahun  Nih Identifikasi Terumbu Karang Acropora Branchi

 ini pertama dipublikasikan oleh Riegl pada tahun  Nih Identifikasi Terumbu Karang Acropora Branchi  ini pertama dipublikasikan oleh Riegl pada tahun  Nih Identifikasi Terumbu Karang Acropora Branchi
Foto diambil di Madagascar oleh Charlie Veron


Spesies Serupa
Di dunia ini ada beberpaa jenis spesies karang / coral yang hampir menyerupai dengan A. branchi ialah Acropora solitaryensi yang mempunyai sedikit perbedaan ialah dasar yang kurang padat serta mempunyai cabang lebih terang antara aksial dan radial koralitnya. Selain A. Solitaryensi ada juga A. glauca dan A. resuta, meskipun mempunyai dasar koloni menyambung namun mempunyai bentuk cabang lebih besar dan gemuk. Ada juga 1 spesies lagi yang hampir miri ialah A. efflorescens yang mempunyai bentuk koloni menyerupai meja serta bab dasar menyatu dan ditumbuhi antar cabang koralit dengan spasi jarang.


Kelimpahan Pertumbuhan

Banyak dijumpai pada bab lereng karang bab atas serta bab perairan yang terkena pasang surut. Dapat disimpulkan bahwa karang spesies ini sanggup hidup baik apabila terkena cahaya matahari yang cukup banyak.


Persebaran Di Dunia


Sumber referensi: Veron (2000). Taksonomi referensi: Riegl (1995)

Belum ada Komentar untuk "Nih Identifikasi Terumbu Karang Acropora Branchi"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel