Nih Ekskresi Hewan

Ekskresi merupakan proses pembuangan sisa metabilosme dan benda tidak mempunyai kegunaan lainnya. Proses inti terjadi pada setiap bentuk kehidupan, pada kehidupan bersel satu produk pembuangan dikelurkan secara eksklusif melalui permukaan sel. Organisme multi seluler mempunyai proses eksresi yang lebih komplek.

Eksresi Pada Hewan Avertebrata

Belajar mengenai system ekskresi mempunyai kegunaan untuk memelihara homeostasis dengan tiga cara, yang pertama guna  melaksanakan osmoregulasi, mengeluarkan sisa metabolisme, dan mengatur konsentrasi sebagaian besar penyusun cairan tubuh. Zat sisa metabolisme yaitu hasil pembongkaran zat kuliner yang bermolekul komplek. Zat sisa ini sudah tidak mempunyai kegunaan lagi bagi tubuh. Sisa metabolismeantara lain, CO2, H2O, NHS, zat warna empedu, dan asam urat.

Sisa oksidasi atau sisa pembakaran zat kuliner yang berasal dari karbohidrat, lemak, protein yaitu Karbon dioksida dan air. Senyawa tersebut tidak berbahanya kalau porsi kadarnya tidak terlalu berlebihan. Walaupun CO2 berupa zat sisa namun sebagian sanggup digunakan sebagai dapar (penjaga kestabilan PH) dalam darah. Demikian juga H2O sanggup digunakan untuk aneka macam kebutuhan, contohnya sebagai pelarut.

Ammonia (NH3) merupakan hasil pembongkaran protein yang dimana ini yaitu zat yang beracun bagi sel. Oleh alasannya yaitu itu, zat ini harus dikeluarkan dari tubuh. Namun demikian, kalau untuk sementara disimpan dalam badan zat yang kurang beracun, yaitu dalam bentuk urea.

Zat warna empedu terbentuk dari sisa hasil perombakan sel darah merah yang dilaksanakan oleh hati dan disimpan pada kantong empedu. Zat inilah yang akan dioksidasi menjadi urobilinogen yang mempunyai kegunaan memberi warna pada tinja dan urin.

Asam urat merupakan sisa metabolisme yang mengundang nitrogen dan mempunyai daya racun lebih rendah disbanding ammonia, alasannya yaitu daya larutnya didalam air rendah. Tugas pokok alat ekskresi ialah membuang sisa metabolisme tersebut diatas walaupun alat pengeluarannya berbeda-beda.

Eksresi Pada Hewan Invertebrata

System ekskresi invertebrate berbeda dengan system ekskresi pada vertebrata. Invertebrate belum mempunyai ginjal yang berstruktur tepat ibarat pad vertebrata. Pada umumnya, invertebrate mempunyai system ekskresi yang sengat sederhana, dan system ini berbeda antarainvertebrata satu dengan invertebrate yang lainnya.

1. system ekskresi pada Anelida dan Moluska

Anelida dan moluska mempunyai organnefridium yang disebut metanefridium. Metanefridiummemiliki dua lubang. Lubang yang pertama berupa corong, disebut nefrostom (di bab anterior) dan terletak pada segmen yang lain. Bagian selesai dari jalan masuk yang berliku-liku ini akan membesar ibarat gelembung. Kemudian gelembung ini akan bermuara ke bab luar badan melalui pori yang merupakan lubang (corong) yang kedua, disebut nefridiofor. Cairan badan ditarik ke corong nefrostom masuk ke nefridium oleh gerakan silia dan otot. Saat cairan badan mengalir lewat celah panjang nefridium, bahan-bahan yang mempunyai kegunaan ibarat air, molekul makanan, dan ion akan diambil oleh sel-sel tertentu dari tabung. Bahan-bahan ini kemudian menembus sekitar kapiler dan disirkulasikan lagi. Sampah nitrogen dan sedikit air tersisa di nefridium dan kadang diekskresikan keluar.

Metanefridium mempunyai kegunaan ibarat penyaring / filter yang mengatur sisa-sisa serta mengembalikan substansi yang mempunyai kegunaan ke sistem sirkulasi.

Cacing mempunyai rongga badan yang mengandung zat sisa dan substansi yang dimana mempunyai 2 bentuk yaitu amonia dan zat yang kurang beracun yaitu uream. cacing mengatur sisa energinya dalam bentuk amonia yang dikeluarkan dalam tanah serta ureum yang dikeluarkan lewat sistem ekresi

2. system ekskresi pada cacing pipih

Protonefridium yaitu organ nefridium yang ada dalam cacing pipih. Disini terdapat sel api serta silia, tiap-tiap sel api ini mempunyai flagela yang mempunyai bentuk api lilin. Gerakan api lilin ini mengatur arus dan pergerakan air ke sel api di sepanjang jalan masuk ekskresi. Kemudian air akan dikeluarkan melalui nefridiofora.
Jalurnya yaitu sisa nitrogen akan dilewatkan di sel menuju sistem pencernaan dan diekskresikan lewat mulut. ada juga beberapa zat sisa berdifusi secara eksklusif dari sel ke air.

3. alat ekskresi pada belalang

Anda pernah mendengar wacana pembuluh Malpighi? ini yaitu alat ekskresi yang terdapat pada belalang. Malpighi ini berfungsi sebagi ginjal. bentuknya ibarat benang halus yang mempunyai warna putih kekuning-kuningan serta pangkal ujungnya lemekat pada dinding usus.

Ada pula yang disebut trakea yang digunakan untuk engeluarkan zat sisal hasil oksidasi yang berupa CO2. berbeda dengan Malpighi, trakea ini mempunyai kegunaan untuk paru-paru hwa avertebrata.

Hewan belalang tak bisa mengekskresikan sisa-sisa amonia maka dari itu belalang harus memelihara konsentrasi airnya yang terletak dalam tubuh. Prosesnya yaitu amonia diproduksi menjadi kristal yang tak bisa larut yaitu asam urat yang mempunyai kandungan racun sedikit.

Belum ada Komentar untuk "Nih Ekskresi Hewan"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel