Nih Ikan Hiu Jenis Galapagos Kepala Keras Bertanduk Banteng

Ada satu lagi hiu bertanduk / berkepala keras menyerupai banteng selain Crested Bullhead Shark, bentuknya juga hampir sama. Nama dari hiu tersebut yaitu Galapagos Bullhead Shark, hiu ini hidup di beberapa tempat saja yang bersuhu sangat tropis. Dari kedua abjad tersebut hiu yang mempunyai nama orisinil Heterodontus quoyi disebut juga dengan hiu bertanduk peru.

Hiu ini masuk dalam kelompok Heterodontidae atau sering dikenal dengan hiu tanduk. Beberapa ilmuan menganggap hiu ini sudah ada semenjak jaman dinosaurus hingga dikala ini. Namun dalam fakta menandakan bahwa ikan hiu ini cuma tumbuh sekitar 1 meter saja.


Bentuk Fisik
  • Hiu Galapagos Bullhead ini mempunyai bentuk fisik yang khas diantaranya berkepala besar
  • Mulut kedalam menyerupai lele
  • Memiliki bercak hitam tutul
  • Kulit berwarna coklat kemerahan
  • Sirip bawah besar untuk membantunya berenang di dasar laut
  • Hiu ini juga mempunyai bentuk gigi yang unik yaitu 2 model, model pertama yaitu kecil dan bengkok untuk meraih mangsanya serta jenis datar untuk menghancurkan mangsa.
  • Sirip punggungnya mempunyai duri tajam yang sanggup melindungi diri dari serangan predator, alasannya diketahui hiu predator yang lebih besar menyerupai hiu putih, hiu macan, dll merupakan predator berbahaya baginya.

Foto Ikan Hiu Galapagos Bullhead

 berkepala keras menyerupai banteng selain  Nih Ikan Hiu Jenis Galapagos Kepala Keras Bertanduk Banteng

 berkepala keras menyerupai banteng selain  Nih Ikan Hiu Jenis Galapagos Kepala Keras Bertanduk Banteng

Habitat Persebaran Hiu Galapagos Bullhead

Seperti nama dari hiu ini bahwa ikan ini berada di tempat Galapagos. Galapagos bullhead hiu banyak hidup di Pasifik tenggara, selatan ekuator dari 0 ° hingga 10 ° LS. Hiu ini bersifat menetap dirumahnya, jadi untuk persebaran di dunia sangat jarang ditemui.

Selain itu juga terdapat di pulau-pulau sekitar Peru, para ilmuan menyatakan bahwa di kedua tempat ini ada beberapa ikan hiu tersebut dengan bentuk yang menyerupai namun berbeda jenis (namun ada juga yang beranggapan itu yaitu satu jenis yang sama)

Daerah yang disenangi hiu ini yaitu substrat berpasi dan berbatu, alasannya hiu ini mempunyai tipe perenang bawah menyerupai berjalan. Sering berada di kedalaman 2-25 meter yang mana banyak terdapat terumbu karang disana sehingga beliau sanggup beristirahat dan berlindung serta mencari makanan di sekitar kedalaman tersebut.


Makanan
Hiu Galapagos kepala keras ini mempunyai ciri-ciri mencari mangsa pada malam hari, dimana ia akan menyusuri dasar laut. Ia akan memangsa menyerupai kerang, kepiting, invertebrata kecil, moluscca. Setelah cangkangnya hancur ia akan menelan daging tersebut dan memuntahkan cangkangnya.


Reproduksi Hiu Galapagos Bullhead

Hiu ini mengeluarkan telurnya yang berbentuk spiral kedalam perairan. Embrio akan terlindungi oleh selput. Dari bentuk tersebut maka dimungkinkan telur sanggup terjepit di sela-sela bebatuan karang sehingga kondusif dari pemangsa predator lainnya. Hiu ini akan sampaumur dan matang sesudah berumur sekitar 1-3 tahun.


Ancaman Kematian Hiu Galapagos
 berkepala keras menyerupai banteng selain  Nih Ikan Hiu Jenis Galapagos Kepala Keras Bertanduk Banteng Hiu ini Sangat ramah dengan manusia, tidak menyerang dan biasanya hanya terdiap di dasar bahari ketika bertemu dengan para penyelam. Ini justru sebaliknya kalau penyelam tersebut berbuat anarkis dan menembaknya untuk dikonsumsi / sekedar bersenang-senang.

Saat ini hiu jenis Galapagos ini sudah dilindungi oleh kelompok khsuus yang berjulukan Galapagos Marine Reserve dimana dihentikan keras membunuh Galapagos dengna alasan apapun. Untuk pemancing juga harus melepaskannya kembali ke perairan. Hiu ini juga dihentikan diperjual belikan untuk dikonsumsi.

Perubahan suhu drastis ini yang sering mengakibatkan final hayat dari hiu ini, selain serangan eksklusif untuk dirinya sendiri, serangan juga terjadi untuk lingkungan sekitar yaitu terjadinya perubahan salinitas perairan, hilangnya sumber makanan dikarenakan perpindahan tempat untuk hawan-hewan kecil, dll.

Pastinya hiu ini sangat jarang dan perlu kita perhatikan secara khusus. Masuk dalam zona merah / sangat langka, ditambah dengan ancaman dari luar yang sangat besar.
Hiu Unik Lainnya: Hiu Belut Berjubah / Frilled Shark

Belum ada Komentar untuk "Nih Ikan Hiu Jenis Galapagos Kepala Keras Bertanduk Banteng"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel