Nih Bagaimana Sistem Reproduksi Ikan Hiu?

Bagi anda pecinta dunia bahari dan isinya terutama bagi ikan hiu, maka kali ini cinta laut-ku akan membuatkan sedikit gosip umum mengenai sistem reproduksi ikan hiu. ada beberapa hal penting yang perlu kalian ketahui, seilahkan simak baik-baik beberapa kategoti ihwal reproduksi/ perkembangbiakan hiu dibawah ini:

Fakta Reproduksi Ikan Hiu

  • Ikan hiu mempunyai tingkat pertumbuhan yang sangat lamban / tumbuh menjadi besar membutuhkan waktu sangat usang sampai bertahun-tahun, maka dari itu untuk menjadi ikan hiu pintar balig cukup akal / ikan hiu matang yang siap untuk melaksanakan reproduksi juga sangat lama.
  • Siklus reproduksi yang umum bagi kebanyakan hiu ialah 1-2 tahun, mungkin sanggup lebih. Makara ikan hiu akan hamil selama 1-2 tahun sekali, namun untuk ukuran yang besar akan lebih usang lagi dari 2 tahun.
  • Proses kehamilan berlangsung 3-4 bulan lamanya dan mempunyai tingkat kesuburan rendah. Mungkin hanya 2 atau lebih bayi hiu untuk sekali reproduksi.
  • Sangat berbahaya dengan penangkapan liar, alasannya terperinci alasannya ialah produksi tidak seimbang dengan penangkapan tidak beraturan

Ancaman Bagi Hiu Yang Bereproduksi
  1. Hiu akan melaksanakan proses reproduksinya di kawasan yang mempunyai banyak makanan menyerupai perairan dangkal, terumbu karang, muara. Dari situlah tingkat ganggauan banyak dari para mencari ikan / pemancing gampang masuk dan gampang untuk menangkap dari perairan.
  2. Polusi perairan akan mengurangi tempat yang mempunyai banyak makanan, dari situ ikan hiu akan bingung mencari tempat untuk melaksanakan reproduksi.
  3. Serangan dari lawan jenis: Proses reproduksi ikan hiu ialah hiu betina mengeluarkan zat yang mempunyai aroma menarik untuk hiu jantan, kemudian hiu jantan akan menggit tubuh hiu betina untuk pertanda siap proses kawin. Meskipun kulit hiu betina lebih tebal, namun tidak jarang hiu betina mati alasannya ialah gigitan hiu jantan yang terlalu semangat.

 Bagi anda pecinta dunia bahari dan isinya terutama bagi ikan hiu Nih Bagaimana Sistem Reproduksi Ikan Hiu?

Proses Reproduksi

  • Proses reproduksi ikan hiu sendiri tidak jauh berbeda dengan mamalia dan manusia, pada dasarnya alat reproduksi jantan yang berjulukan claspers akan dimasukan dalam alat reproduksi betina yang berjulukan cloaca. Kemudian sperma dari hiu jantan akan masuk mencari sel telur dan terjadi pembuahan dalam badan hiu betina.
  • Proses melahirkan ada 3 macam yang sanggup dilakukan hiu yaitu: Vivipar (beranak), Ovovivipar (bertelur dan beranak dalam tubuh), Ovipar (bertelur dan menetas diluar tubuh)

Reproduksi Vivipar
Embrio tetap melekat pada dinding rahim untuk berkembang dalam tubuh induk hiu. Terdapat plasenta, yang memperlihatkan nutrisi dan oksigen dari induk hiu ke embrio. Embrio akan mendapatkan nutrisi dari darah induk hiu melalui tali pusar yang terhubung ke embrio.

Anak ikan hiu akan keluar dimulai awal ekor dahulu dari cloaca / alat kelamin hiu betina. sehabis keluar, maka bayi hiu kecil tersebut akan berenang dan hidup berdikari berpisah dari induk sesegera mungkin.

Reproduksi Ovovivipar
Embrio terbentuk di dalam telur dan di dalam rahim. Tidak ada plasenta untuk memelihara mereka dan mereka mendapatkan kuliner dari cairan yang disebut "kuning telur" yang disimpan dalamnya. Pada proses ini terjadi kanibalisme dikala kuning telur habis dan anak hiu yang berpengaruh akan memakan anak hiu yang lemah.

Kemudian sama halnya dengan vivipar yaitu hiu akan melahirkan melalui cloaca mulai dari bab ekor terlebih dahulu.

Reproduksi Ovipar
Telur akan dikeluarkan dari cloaca oleh induk betina dan ditempatkan pada lokasi yang kondusif dan banyak makanan. Kemudian induk hiu pergi menggalkan telur tersebut. telur akan menetas kemudian mencari makan disekitarnya.

Pada proses ovipar inilah yang rawan akan kematian alasannya ialah tidak terlindung dalam badan hiu, pencemaran lingkungan / kecilnya lahan kondusif dan banyak makanan, serta serangat predator dan manusia.

Demikian gosip singkat yang sanggup cinta bahari berikan. Jika ada gosip yang kurang sempurna kami siap mendapatkan masukan dari anda.
Next Shark: Nyata Hiu Memiliki Indra ke-6

Belum ada Komentar untuk "Nih Bagaimana Sistem Reproduksi Ikan Hiu?"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel