Nih Ikan Hiu Mempunyai 6 Indra Dalam Tubuhnya

Ikan hiu mempunyai indra yang sangat istimewa, ada beberapa faktor pendukung bab badan ikan Hiu yang sanggup disinkronkan sehingga membentuk sebuah satuan berpengaruh dalam mendapat tujuannya. Sebelum lebih jauh membahas mengenai indra ikan hiu mari kita samakan presepsi terselih dahulu. Indra merupakan sebuah kemampuan untuk mencicipi sesuatu (contoh insan mempunyai indra penglihatan yang terletak di mata, peraba di tangan, rasa di lidah, dll)

Fungsi Alat Indra Ikan Hiu

Seperti halnya manusia, ikan hiu juga mempunyai beberapa alat indra yang berkhasiat untuk pertumbuhannya, adapun alat indra tersebut mempunyai fungsi sebagai:
  • Menghindar dari musuh
  • Berburu mangsa
  • Reproduksi / perkembang biakan
Kenapa sanggup demikian? alasannya ikan hiu mempunyai 6 indra yang belum diketahui oleh masyarakat pada umumnya;
  1. Indra Penglihatan
  2. Indra Penciuman
  3. Indra Perasa
  4. Indra Peraba / sentuhan
  5. Indra Pendengaran
  6. Indra Elektroresepsi / fatwa listrik
Mari kita bahas satu persatu mengenai ke-enam indra yang dimiliki oleh ikan hiu semoga kita lebih paham dan sama-sama mencar ilmu wacana keunikan badan ikan hiu.

1. Indra Penglihatan (Mata Ikan Hiu)

  • Fakta yang terjadi dalam mata ikan hiu yaitu mereka sanggup melihat 10 kali lipat lebih tajam dibandingkan manusia. Ikan hiu sanggup melihat dengan mata mereka pada siang dan malam hari.
  • Mata ikan hiu mempunyai lapisan menyerupai pada mata kucing yaitu tapetum lucidum, dimana ini yaitu lapisan yang berfungsi untuk mengatur sistem pencahayaan di retina ikan hiu.
  • Ikan hiu sanggup melihat meskipun pada pencahayaan minim di malam hari, hal ini dikarenakan alasannya adanya proses pembesaran pupil pada mata hiu yang berkhasiat untuk mengendalikan cahaya. Indra penglihatan yang tajam menciptakan beberapa ikan hiu sanggup melihat warna pada malam hari.
  • Letak posisi mata ikan hiu yang berada di samping kanan dan kiri menciptakan jangakauan penglihatan ikan hiu lebih luas. Ada juga yang mempunyai mata diatas kepala, hiu ini biasanya hidup di dasar laut. Dan fakta menunjukan bahawa ikan hiu yang mempunyai mata disamping (mengejar mangsa) lebih tajam dari pada mata ikan hiu yang hidup di dasar (menyergap mangsa).
  • Terdapat kelopak mata ikan hiu yang tidak daapt bergerak, namuna ada pula kelopak mata hiu yang sanggup berkedip berdasarkan jenisnya masing-masing, contohnya pada jenis Carcharhinidae. Kelopak ini berfungsi juga sebagai pelindung mata saat mereka sedang memangsa.

2. Indra Penciuman / Bau (Hidung Hiu)

  • Ikan hiu mempunyai kekuatan mencium yang istemewa, mereka sanggup mencium bacin bahkan yang tidak menyengat sekalipun.
  • Ikan hiu sanggup mencium satu tetes darah yang sudah terbawa arus hampir 2 mil jaraknya. Dari deteksi darah ini, hiu sanggup mengetahui darah siapakah itu, apakah ikan atau penyu.
  • Hiu mempunyai lubang hidung yang dipakai hanya untuk penciuman bacin dan bukan untuk bernafas.
  • Ikan hiu akan mencari mangsa dengan gerakan dan bacin untuk mendeteksi lokasi mangsanya, namun saat telah mendekati mangsanya ikan hiu memakai indra penglihatannya untuk menangkap mangsa tersebut.
Tambahan: Ikan hiu akan memakai indra penciuman bacin untuk menuju mangsa, saat ingin mencoba mangsa tersebut ikan hiu akan menggigitnya, namun kalau tidak cocok maka akan dimuntahkannya kembali.

 Ikan hiu mempunyai indra yang sangat istimewa Nih Ikan Hiu Memiliki 6 Indra Dalam Tubuhnya

3. Indra Perasa (Mulut Hiu)

  • Ikan hiu mempunyai indra perasa yang bai, mereka sanggup memilih mana masakan yang lezat dan tidak berdasarkan mereka. Jika mereka mencicipi hal yang tidak enak, maka ikan hiu tidak akan memakannya. Bagaimana kalau ada botol, kaleng, plastik dalam perut hiu? sangat sedikit perut hiu yang berisikan barang tersebut, ini menunjukan hal itu hanya kebetulan saja.
  • Ikan hiu juga mempunyai indra perasa di sekitar lisan hiu berupa bintik-bintik. Kehebatannya yaitu hiu sanggup mencicipi rasa dari benda tersebut hanya dengan mengesekan terlebih dahulu.
  • Jadi ada beberapa hiu yang sudah mendekat dan menempelkan mulutnya namun tidak menggit benda itu, ini menunjukan bahwa ia sanggup mengetahui rasa sebelum ia menggigitnya.

4. Indra Sentuhan (Kulit Hiu)

  • Ikan hiu sanggup mencicipi sentuhan dengan sangat sensitif, hal ini dikarenakan garis lateral tulang rusuk ikan hiu. Ikan hiu mempunyai sel yang berada di garis lateral tulang rusuk lalu yang menjalar di seluruh bab tubuhnya.
  • Indra sentuhan ini bukan mempunyai funsi lebih untuk mengetahui ukuran suhu, arus, dan fatwa listrik yang terdapat di sekitar perairan tersebut. Hal inilah yang menciptakan ikan hiu sanggup dengan gampang mendeteksi gerakan listrik dari binatang lain disekitarny, contohnya ia mengetahui gerakan ikan yang sanggup menjadi mangsanya.
  • Selain berkhasiat untuk memangsa, indra sentuhan pada kulit ikan hiu ini juga sanggup mendeteksi adanya bahaya dan kebutuhan reproduksinya yaitu menemukan pasangan disekitar mereka.

5. Indra Pendengaran (Telinga)

  • Ikan hiu ternyata mempunyai indera pendengaran yang tidak sanggup dilihat oleh mata manusia. Karena ikan hiu tidak mempunyai daun telinga, hanya saja indera pendengaran ikan hiu berada di dalam kepala lebih tepatnya di samping otak yang terhubungkan dengan garis lateral tulang rusuk.
  • Pendengaran ikan hiu sangat tajam, sehingga bisa mendengarkan rasa sakit ikan, ikan terjatuh yang mungkin akan menjadi calon mangsanya.
  • terkadang ikan hiu memakai indra pendengarannya untuk mencari mangsa, hal ini dikarenakan dalam air laju bunyi lebih cepat dan luas dibandingakan didarat / atas air.
  • Ikan hiu sanggup mendengarkan denyutan dari ikan yang sekarat, dan inilah mungkin yang akan menjadi mangsa dari ikan hiu.
  • Penelitian menunjukan bahwa ikan hiu bahagia dengan bunyi berfrekuensi 25-100 Hz, dan sanggup mendengarkannya dari jarak sampai 250 meter / 820 ft.

6. Indra Elektroreseptif (Sekitar Kepala Hiu)

  • Ikan hiu mempunyai indra keenam yang mungkin jarang diketahui banyak orang. Indra keenam tersebut yaitu mengenai gerakan dorongan listrik tingkat kecil.
  • Banyak binatang yang mengeluarkan senyal listrik, dan inilah yang dipakai untuk ikan hiu mendeteksi pergerakan dan lokasi mangsanya meskipun dari jarak yang jauh.
  • Indra ini yaitu organ elektroreseptif yang disebut sebagai ampullae lorenzini. ampullae lorenzini tersebut berisikan jelly dan berbentuk lubang pori-pori. Pori-pori terbsebut berada diarea kepala dan lisan bab atas ikan hiu. Pori-pori indra listrik ini terhubung dengan ujung saraf menuju otak.
  • Pada dasarnya setiap makluk sanggup mengeluarkan medan listrik, dan hebatnya ikan hiu sanggup mendeteksi hal tersebut.
  • Ikan hiu terkadang memakan logam, hal ini dikarenakan logam dalam air maritim akan mengeluarkan listrik yang sanggup membingungkan ikan hiu apakah itu mangsa atau bukan.

Demikian bahasan singkat mengenai 6 indra deteksi pada ikan hiu. Semoga ini sanggup menambah pengatahuan anda.
Next: Fakta Unik Gigi Hiu

Belum ada Komentar untuk "Nih Ikan Hiu Mempunyai 6 Indra Dalam Tubuhnya"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel