Nih Berguru Mengenal Sirip Ikan Hiu

Setelah kita berguru perihal apa bahwasanya ikan hiu pada artikel hiu sebelumnya, kini kita akan berguru lebih dalam lagi yaitu mengenal Sirip Ikan Hiu. Kenapa kita perlu berlajar perihal binatang bahari ini? alasanya terang yaitu dengan mengeri perihal hiu maka kita jadi akan tahu seberapa pentingnya tugas ikan hiu dilautan, dan sebisa mungkin kita jangan menghabisinya dengan dalih hiu ialah musuh manusia. Oke terlepas dari pada itu, kini centa bahari akan sedikit mengulas hal umum perihal belahan badan dari ikan hiu, khususnya pada belahan sirip hiu.

Fungsi Sirip Ikan Hiu

Kita mulai dari sirip hiu. Sirip hiu sangat berperan penting dalam badan sang hiu, sirip hiu terbentuk dari tulang yang kaku. Sirip hiu ini tidak bersifat fleksibel / lentur. Sifat mirip ini akan membantu 2 hal yaitu:
  1. Membantu stabilitas ikan hiu dalam air. sirip dorsal belahan atas dan dorsal bawah akan membantu hiu untuk mengontrol keseimbangan tubuhnya.
  2. Membantu mengatur arah dan dorongan dikala bergerak. Sirip Pectoral pada ikan hiu membantu pergerakan naik dan turun badan hiu, sirip pectoral juga mencegah supaya ikan hiu tidak gampang tenggalam. Pada belahan sirip caudal / ekor akan berfungsi untuk mengatur dorongan hiu terutama dikala bergerak maju.

Nama Dan Bagian Sirip Hiu

Bentuk dari sirip hiu yang sangat dinamis menciptakan ikan hiu ini menjadi mirip pesawat jet dikala berada didalam air. Ini ialah gambar dari kedinamisan sirip ikan hiu:

 Setelah kita berguru perihal apa bahwasanya ikan hiu pada  Nih Belajar Mengenal Sirip Ikan Hiu
Dari gambar keternagan diatas, diketahui bahwa ada setidaknya 7 sirip pada ikan hiu yaitu:
  • 2 Sirip Dorsa / sirip belahan atas
  • 1 sirip anal belahan bwah
  • 1 sirip pelvic belahan bawah
  • 2 sirip pectoral belahan samping
  • 1 sirip caudal belahan belakang
Setiap sirip hiu mempunyai beberapa fungsi masing-masing yang telah dijelaskan diatas. Pada pada dasarnya sirip ialah belahan sangat penting dari Hiu, tanpa adanya sirip maka ikan hiu bukanlah apa-apa sebab tidak sanggup bergerak dan berenang.

Teknik bergoyang sirip ekor / caudal akan membantu ikan hiu mendapat dorongan yang besar lengan berkuasa untuk bergerak maju. pergerakan sirip belahan samping / pectoral akan mengatur naik turun ikan hiu. Selain naik turun sirip pectoral akan membantu untuk pengereman dalam berenang.

Sirip pada belahan perut / pelvic fin dan sirip belahan samping / dada / pectoral fin bisa diibaratkan kaki depan dan kaki belang pada binatang pada umumnya.

Kekuatan pada sirip ikan hiu inilah yang akan berfungsi untuk mengejar mangsanya dalam berburu makanan. Sering kita lihat dalam foto kamera maupun video bahwa ikan hiu putih besar / white shark bisa keluar dari air / melompat dengan kekuatan siripnya.

Begitu pentingnya sirip bagi ikan hiu, apakah kita masih mau menikmati sup sirip ikan hiu?
Selanjutnya: Fakta Hiu ialah Ikan / Mamalia?

Belum ada Komentar untuk "Nih Berguru Mengenal Sirip Ikan Hiu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel