Nih Ikan Hiu

Berbicara mengenai dunia kelautan dimanapun juga niscaya ada hal yang ditakutkan oleh sebagian orang. Hal yang menciptakan mereka takut salah satunya ialah Ikan Hiu, Meskipun di Indoensia sendiri beberapa orang lebih sering terkena serangn ubur-ubur yang menciptakan gatal kulit dibandingkan oleh serangan ikan Hiu. Terlepas dari hal angker dan tidak, kali ini Cinta Laut ingin membuatkan isu menarik seputar ikan hiu. Ada beberapa hal yang ingin cinta maritim bagikan untuk anda semua yang pada pada dasarnya ikan hiu bukan musuh kita dan sangat menarik untuk dipelajari.

 Berbicara mengenai dunia kelautan dimanapun juga niscaya ada hal yang ditakutkan oleh sebag Nih Ikan Hiu

Mengenal Ikan Hiu

Wikipedia mencatat bahwa ikan hiu ialah ikan yang bertulang rawan / elastis dan bernafas memakai 5-7 liang insang tergantung dari spesies ikan hiu tersebut. Kulit ikan hiu dilapisi dengan dermal denticles yang sanggup menghindarkan dari kerusakan. Ikan hiu juga mempunyai gigi yang sanggup diganti.

Hiu itu ikan atau mamalia?
Hiu ialah ikan, alasannya sebab ia berenang dengan sirip dan bernafas dengan insang. Dari sumber yang berbeda menyebutkan bahwa ikan hiu ialah ikan tertua yang ada sampai dikala ini. Hiu ada 400 juta tahun yang kemudian dan perhitungan ini menyatakan 100 juta tahun lebih bau tanah dibandingkan pada dunia jaman Dinosaurus. Keberadaan insan diperkirakan mungkin sekitar 3-4 juta tahun yang lalu.

Habitat Ikan Hiu
Hiu sanggup ditemui di semua samudra lautan di dunia tidak terkecuali Indoneisa. Beberapa fakta menyebutkan bahwa ikan hiu mempunyai habitat yang berbeda-beda menyesuaikan spesies dan lingkungan asal.
  • Ada ikan hiu yang bahagia dengan udara hambar mirip di kutup, namun ada pula yang bahagia di perairan hangat / tropis.
  • Ada ikan hiu yang bahagia dengan kedalaman / berada di dasar laut, namun ada pula yang bahagia berada di perairan dangkal / berenang di permukaan air laut.
Ikan hiu yang bahagia berada di tempat permukaan air tidak jarang akan masuk ke perbatasan maritim dan sungai bahkan hiu tersebut sanggup masuk kedalam fatwa sungai dengan waktu yang tidak lama.

Hiu Ikan Tulang Rawan
Apa yang dimaksutkan dengna tulang rawan pada ikan Hiu? Ikan hiu mempunyai tulang yang elastis mirip karet yang bersifat fleksibel. Tulang elastis tersebut akan sanggup terus tumbuh dan berkembang selagi di hidup.

Jika menyerupai manusia, hiu ialah manusa karet. Manusia juga mempunyai tulang rawan pada belahan hidung dan telinga. Ikan hiu juga mempunyai jumlah insang lebih banyak yaitu 5-7 lubang insang dalam diri hiu.

Hiu berenang tidak mempunyai swim bladder / kandung kemih untuk mengapung dan berenang di permukaan, melainkan menggunakan kandungan lemak yang ada dalam hatinya. Dalam hati ikan hiu terdapat berbagai minyak yang sanggup mengapung di air, semakin besar ikan hiu maka akan semakin besar pula tampungan lemak minyak yang ada dalam badan ikan hiu tersebut. Contoh saja whale shark / hiu paus/ hiu tutul yang mempunyai ukuran hati yang sangat besar untuk membantunya sanggup berenang setiap dikala di permukaan air.

Bentuk Fisik Hiu
Ikan hiu mempunyai bentuk badan yang ramping dan gepeng. Pada belahan ekspresi akan menonjol kedepan dan pada belahan ekor berbentuk panjang. Alasan inilah kenapa ikan hiu sanggup berenang sangat cepat dalam air, ditambah pula dengan keunggulan pada tulangnya yang elastis akan menambah kegesitan dalam berenang.

Ukuran Hiu Saat Ini
Terdapat 400 spesies ikan hiu dikala ini. Saat ini mungkin berbeda jaman kuno dahulu yang hampir semua ikan hiu mempunyai bentuk badan yang besar. Dengan perkembangan jaman maka ukuran hiupun semakin kecil untuk segi presentase yang ditemui di lautan. Ikan hiu mempunyai beberpa ukuran, diantaranya:
  1. Big size: Whale shark / basking shark / megamouth shark yang diketahui hanya ditemui insan sebanyak 20 % saja
  2. Medium size: Dari berbajai jenis hiu diketahui mempunyai ukuran rata-rata 3-4 meter di perairan dengan persentase 30% dijumpai manusia
  3. Small size: Dari berbegai jenis ikan hiu diketahui mempunyai ukuran rata-rata 60 cm - 1,5 meter yang ditemui insan dikala ini sampai 50%
Ukuran ikan hiu yang terbesar adalah:
  • Hiu paus dimana ukurannya sanggup mencapai 2 gajah besar dengan ukuran 2x4 lebar dan 2x6 panjang.
  • Hiu putih / white shark yang sanggup mencapai 6 meter dengan berat sampai 7 ton, jikalau dibandingkan dengan gajah afrika yaitu mempunyai berat 6 ton, dan ini ialah ikan hiu yang berbahaya bagi semua yang menjumpainya.
  • Hiu terkecil ialah lantern shark / hiu lentera yang sanggup dipegang dengan telapak tangan insan dewasa.

Cukup sekian dahulu isu tentang ikan hiu yang sanggup cinta maritim berikan, besok akan disambung lagi dengan isu wacana ikan hiu lainnya mirip mengenali sirip hiu, gigi hiu, dan lainnya.
Next Fish: Pari Manta

Belum ada Komentar untuk "Nih Ikan Hiu"

Posting Komentar

Iklan Atas Artikel

Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel